Senin, 14 Januari 2013 di 08.07 Diposting oleh asasas 0 Comments


Deskripsi Hewan dan Tumbuhan

Gajah


Hewan ini merupakan binatang mamalia yang berkembang biaknya dengan melahirkan Binatang yang Besar ini mempunyai telinganya yang besar digunakan untuk mengipas dirinya sendiri jika kepanasan dan untuk menakuti musuhnya. Belalainya yang panjang digunakan untuk mengambil makanan, menyedot air kemudian memasukkan ke dalam mulutnya. Selain itu juga berfungsi untuk mengangkat sesuatu. Suara gajah dihasilkan dari belalainya.


 Cicak


Hewan yang dapat merayap di dinding tanpa terpeleset karena memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. kemampuan memutuskan ekornya, Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari musuhnya. Cicak akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Untuk memperoleh makanan, ia mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.


 Bebek


Adapun ciri khusus yang dimilikinya untuk mencari makan berupa paruh yang agak panjang dan lebar pada bagian ujungnya ia mencari makan di air, baik kolam atau danau yang dangkal. Agar tubuhnya tidak basah jika terkena air, bulunya dilapisi oleh minyak. Dengan demikian, pada saat ia sampai di darat ia hanya tinggal mengibas ngibaskan badannya dan air yang menempel di tubuhnya keluar. Jika bulu tubuhnya tidak dilapisi oleh minyak, air yang menempel akan terus menyerap ke dalam bulutubuh bebek.Kaki yang berselaput di antara jari kakinya, Jika kita perhatikan, ia dapat berenang di air karena kakinya memiliki semacam selaput renang.


 Unta


Hewan yang merupakan salah satu “makhluk hidup istimewa”. Hal ini disebabkan struktur tubuhnya yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling panas sekalipun. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan yang memungkinkan baginya bertahan hidup berhari-hari tanpa air dan makanan.unta mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari. Bulu matanya memiliki sistem pengaitan. Dalam keadaan bahaya, bulu ini secara otomatis menutup.Bulu mata yang saling berkait ini mencegah masuknya debu ke mata.Hidung dan telinga ditutupi oleh bulu panjang agar terlindungi dari debu dan pasir.a juga memiliki punuk, yaitu gundukan lemak yang terdapat di punggung. Punuknya menyediakan sari makanan bagi hewan ini ketika ia mengalami kesulitan makanan dan kelaparan.

 Dengan demikian, ia dapat hidup hingga tiga minggu tanpa air. Kakinya memiliki ukuran besar. Bentuk kaki seperti ini secara khusus “diciptakan” untuk membantunya berjalan di atas pasir tanpa terperosok. Kakinya memiliki telapak yang luas dan menggembung.Kulit tebal khusus di bawah telapak kaki merupakan perlindungan terhadap pasir yang sangat panas.


Anjing


Hewan ini merupakan hewan pemangsa. Biasa ‘menggong-gong’ jika sesuatu terjadi, berteman dengan manusia, hewan yang pintar diantara hewan lain di Klasifikasi ke dalam ordo karnivora tidak berarti anjing harus makan daging melulu memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik-cabik musuh / makanan mata anjing lebih sensitif terhadap cahaya dan gerakan dibandingkan mata manusia 


Tumbuhan Bunga Raflesia


Tumbuhan ini ditemukan pada masa penjajahan belanda,dan hanya tedapat di kebun raya bogor memiliki bunga berbau bangkai menarik perhatian lalat .Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan.


Tumbuhan Eceng Gondok


Tumbuhan ini biasanya di temui di pejarangan kali, berwarna hijau dan mempunyai tangkai daun yang menggelembung atau berongga, tangkai daun tersebut berfungsi untuk mengapung di permukaan air.


Tumbuhan Putri Malu

Tumbuhan ini menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan / herbivora) yang ingin memakannya Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat karena dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang ingin memakannya akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu.


 Tumbuhan Kantong Semar


Tumbuhan ini memiliki daun yang berbentuk seperti piala Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar Tumbuhan paku Pembuahan mutlak memerlukan bantuan air sebagai media spermatozoid berpindah menuju archegonium Ovum yang terbuahi berkembang menjadi zigot, yang pada gilirannya tumbuh menjadi tumbuhan paku baru. Tumbuhan berbiji (Spermatophyta) juga memiliki daur seperti ini tetapi telah berevolusi lebih jauh sehingga tahap gametofit tidak mandiri Spora yang dihasilkan langsung tumbuh menjadi benang sari atau kantung embrio.


Nama :M.Anwaruddin

NPM : 44212878

Kelas : 1DA02


0 Responses so far.

Posting Komentar