Rabu, 13 Mei 2015 di 06.58 Diposting oleh asasas 0 Comments




Modal kerja didefinisikan sebagai aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar. Jhon Fred Weston dan Thomas E.Copeland (1996 : 327) menjelaskan bahwa modal kerja merupakan investasi perusahaan dalam bentuk uang tunai, surat berharga, piutang dan persediaan, dikurangi dengan kewajiban lancar yang digunakan untuk membiayai aktiva lancar.

Penyebab Perubahan Modal Kerja
·         Adanya kenaikan sector modal baik yang berasal dari laba maupun adanya pengeluaran modal saham atau tambahan investasi dari pemilik perusahaan maka modal kerja akan bertambah.
·         Ada pengurangan atau penurunan aktiva tetap yang diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar karena adanya penjualan aktiva tetap maupun melalui proses depresiasi,modal kerja kan bertambah.
·         Ada penambahan hutang jangka panjang baik dalam bentuk obligasi, hipotek, atau hutang jangka panjang lainnya yang diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar, maka modal kerja akan bertambah.
·         Karena kerugian yang diderita oleh perusahaan, baik kerugian normal maupun kerugian exidentil.maka akan mengurangi modal kerja.

Dari laporan diatas menunjukan bahwa laporan perubahan modal tahun 2011 selama 6 bulan total saldo 589.592.887.634 setelah ditambah modal disetor,saldo laba yang belum ditentukan penggunaanya ,total laba komperhensif periode berjalan lalu dikurangi deviden
pada tahun 2012 mengalami kenaikan total saldo 705.046.406.250 dari saldo tahun sebelumnya


0 Responses so far.

Posting Komentar